Pelepasan Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) STIH Umel Mandiri Jayapura 2021 - STIH UMEL MANDIRI

Pelepasan Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) STIH Umel Mandiri Jayapura 2021

Thanks For Share

Jayapura Senin, 15 Februari 2020, STIH Umel mandiri menyelenggarakan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2021 di Aula Kampus Umel Mandiri Lt. III. Acara dihadiri oleh Ketua STIH Umel Mandiri, Wakil Ketua I Bidang Akademik, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Ketua Jurusan HUkum, Ketua UPM dan Ketua LPPM STIH Umel Mandiri serta Dosen Pendamping Mahasiswa.

Ketua Panitia mengatakan kegiatan KKN merupakan wujud Nyata kepedulian STIH Umel Mandiri untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. meskipun masih dalam Kondisi Pandemic Covid-19 tidak menghalangi STIH Umel Mandiri untuk menyelenggarakan KKN, karena KKN merupakan tugas pokok dalam melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang pengabdian masyarakat. KKN juga merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa yg diselenggarakan oleh STIH Umel mandiri . Oleh karena itu kegiatan KKN secara rutin dilaksanakan tiap tahun baik sifatnya incidental maupun terprogram.

Ketua STIH Umel Mandiri Dr. Fitriyah Ingratubun, SH.,MH mengatakan kita kan bekerja untuk masyarakat untuk menyelesaikan masalah-masalah yg mereka hadapi, oleh karena itu langkah pertama yg kita lakukan itu adalah mahasiswa bersama dosen pembimbing datang survei ke masyarakat untuk melihat apa sesungguhnya masalah-masalah yg mereka hadapi. Itulah yg kita angkat menjadi tema-tema atau menjadi masalah yg kita pecahkan bersama-sama dengan masyarakat. Yg kedua, tentunya mereka harus benar-benar mengimplentasikan ilmu, skill, dan kemampuannya untuk berinteraksi dengan masyarakat pada sesuatu suasana yg benar-benar real di masyarakat, mereka di Kampus sudah mendapatkan ilmu, keterampilan, dan sebagainya itu belum terbukti apakah mereka mampu memanfaatkan itu untuk kepentingan masyarakat.

Saya sangat mengharapkan KKN ini bisa memberikan kepada mereka pengalaman-pengalaman penting terutama bagaimana berinteraksi dengan masyarakat, karena tidak gampang, kalau mereka tidak dilatih berinteraksi dengan masyarakat belum tentu mereka berhasil karena untuk bisa berinteraksi memerlukan beberapa life skill yg penting, antara lain misalnya kemampuan mereka berpikir, seandainya kita berkomunikasi dan tidak mempunyai kemampuan berpikir kritis, komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu saya berharap KKN ini bisa berjalan dengan baik dan ini juga akan sangat tergantung pada kemampuan dosen pembimbing, bukan hanya kemampuan tetapi kinerja mereka untuk mengarahkan mahasiswa agar mereka bisa bekerja dengan baik. Dan setelah meraka KKN mereka bisa mendapatkan life skill tambahan untuk mereka pergunakan pada sast mereka terjun di dalam kehidupan masyarakat yg sesungguhnya.

Kembali ke Atas